Ads 468x60px

Wednesday, March 7, 2012

Setting Bluelink USB Wireless Sebagai Hotspot Pada Windows XP

posting kali ini tentang setting perangkat wireless usb merek bluelink pada pc dekstop ber-sistem operasi windows xp, agar dapat bertindak sebagai hotspot. Sama halnya seperti laptop yang sudah terintegrasi perangkat wifi di dalamnya.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan dan ada beberapa software yang dibutuhkan untuk mengubah wifi menjadi access point (AP) sebagai contoh menggunakan perangkat lunak Connectify atau mengubah mode jaringan (network) infrastructure menjadi adhoc. Dalam pembahasan ini, saya tidak menggunakan kedua cara yang saya sebutkan diatas melainkan menggunakan utility bawaan dari bluelink usb wireless itu sendiri yaitu Ralink Wireless utility. Bagai mana cara mensettingnya? berikut langkah-langkahnya :

1. Disini saya menganggap sobat-sobat sekalian sudah menginstall driver Bluelink USB Wirelss beserta utility pendukungnya dari cd atau sobat bisa langsung mendownloadnya di http://www.bluelink-wifi.com/Download.
2. Klik kanan Ralink Wireless Lan card pada pokok kanan bawah taksbar kemudian pilih Switch to Station Mode

3. Kemudian pada tab Config beri nama hotspot sobat dengan mengisi SSID dan untuk yang lain biarkan dalam keadaan default, dilanjutkan pilih Security Setting untuk mengatur keamanan wireless sobat agar orang lain tidak mudah mengakses koneksi sobat.


4. Selanjutnya pilih Apply untuk menyimpan settingan
5. Langkah berikutnya adalah menentukan alamat dari usb wireless sobat dengan cara masuk ke Control Panel > Network Connections kemudian klik 2X Wireless Network Connection kemudian pilih Properties. Pada tab General pilih Internet Protocol (TCP/IP) selanjutnya tentukan alamatnya seperti gambar berikut :

6. Setelah langkah poin ke 5 selesai, selanjutnya kita akan melakukan sharing koneksi internet, disini saya menggunakan speedy untuk koneksi internet. dengan cara yang sama poin ke 5 yaitu masuk ke Control Panel > Network Connections kemudian klik 2X Local Area Connections dilanjutkan pilih Properties kemudian pilih Advance.


7. Setelah serangkaian langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar silahkan sobat tes koneksi internet menggunakan laptop dan perhatikan pada Ralink Wireless Lan Card seperti gambar berikut :

Dari gambar diatas nampak MAC Address dari sebuah laptop yang terdeteksi, artinya laptop tersebut sudah dapat terhubung ke jaringan internet.
kemudian pada tab statistic dapat dilihat aliran Rx dan Tx data yang berasal dari internet.


Mudah bukan cara merubah bluelink USB wireless menjadi hotspot. Ok sobat sekian dulu postingan kali ini, Insya Allah postingan terkait jaringan akan saya postingdilain waktu, Wassalam.

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook