Ads 468x60px

Tuesday, March 20, 2012

Cara merubah windows xp menjadi bahasa Indonesia

Secara default windows xp menggunakan bahasa Inggris. Semua perintah, pop up, menu, properties semuanya menggunakan bahasa Inggris. Bagi user pemula beranggapan bahwa jika komputer ( dalam hal ini adalah OS windows) menggunakan bahasa Indonesia pasti mudah untuk dipelajari dan diterapkan. Menurut saya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, malahan lebih mudah menggunakan bahasa inggris karena semua tools, program-program yang support windows hampir semuanya berbahasa Inggris. Selain itu user akan merasa kebingungan tatkala menggunakan komputer milik user lain yang berbahasa Inggris.

Namun jika tetap ingin mencoba tampilan windows xp berbahasa Indonesia, Shobat dapat merubah setting bahasa Inggris pada windows XP menjadi Bahasa Indonesia menggunakan Language Interface Pack (LIP). Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk merubah Windows xp menjadi bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :
> Windows xp anda adalah Windows xp asli atau genuine alias tidak bajakan. Jika windows anda masih bajakan sebaiknya anda membaca halaman disini agar windows xp anda menjadi asli atau genuine.
> Terhubung dengan internet ( untuk download dan validasi windows genuine)
> CD Windows xp
> Sistem Operasi versi Inggris 32-bit Windows XP dengan Service Pack 2 (SP2)
> Ruang bebas 6,4 Mb untuk download
> Ruang bebas 15 Mb untuk penyetelan
Jika persyaratan tersebut terpenuhi, maka ikutilah langkah-langkah berikut ini.
1. Silahkan kunjungi alamat disini
2. Scroll kebawah dan pilih Bahasa Indonesia kemudian klik download pada sebelah kanannya.
3. Pada jendela selanjutnya diperlukan validasi untuk mengetahui windows nya genuine atau asli. Klik Lanjutkan.

4. Download Plug-in Windows Genuine advantage kemudian jalankan / install.

5. Pada jendela berikutnya masih pada tahap validasi windows anda asli atau bajakan. Klik lanjutkan untuk download Tool Genuine Check. Setelah selesai lalu jalankan tool tersebut kemudian akan muncul kode.

6. Copy code tersebut kemudian paste pada kotak validasi yang tersedia dan klik Validasi.

7. Pada saat ini Microsoft akan melakukan validasi windows xp anda asli atau bajakan. Jika windows xp anda asli maka akan tampil pada jendela berikutnya dengan keterangan bahwa Perangkat Lunak Microsoft Asli. Lanjutkan dengan Klik Download untuk download Language Interface Pack (LIP)

8. Jika download telah selesai, jalankan LIP Setup.

9. Masukkan CD Windows xp anda jika ada perintah memasukkan cd windows

10. Muncul perintah untuk restart komputer, silahkan klik Ya untuk restart komputer.

Mulai dari sekarang tampilan windows xp anda telah berubah menjadi berbahasa Indonesia. Tombol Start berubah menjadi Mulai, bahasa pada windows explorer pun juga menjadi bahasa Indonesia, demikian juga tampilan pada start menu, context menu, Klik kanan, properties, nama folder semua berubah menjadi bahasa Indonesia. Dan saya ucapkan selamat karena Windows xp anda telah menjadi windows xp berbahasa Indonesia.

Tampilan bahasa Indonesia ini tidak berlaku pada program-program yang terinstall, misalnya MS Office, Adobe Photoshop, dll.
Terima kasih semoga bermanfaat ……

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook