Ads 468x60px

Thursday, March 15, 2012

Router PC


Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang router sebagai perangkat tambahan pada jaringan local.

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua jaringan local yang mempunyai protokol sama pada lapisan jaringan OSI sedangkan protocol pada lapisan fisik dan link berbeda, atau dapat diartikan sebagai perangkat keras yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan yang memiliki subnet yang berbeda.

Router sendiri berfungsi mengirim paket data jika terdapat perbedaan dalam beberapa bagian protocol. Perbedaan dari beberapa bagian protocol ini terjadi pada hubungan antara LAN dalam suatu WAN.

Router banyak digunakan pada internetwork yang besar menggunakan protocol TCP/IP, dan untuk menghubungkan semua host TCP/IP dalam local area network (LAN) ke internet menggunakan dedicated leased line.

Router terbagi menjadi dua jenis, yaitu PC Router dan Router hardware. Dipasaran banyak jenis rotuer hardware dari berbagai vendor seperti Cisco dan Mikrotik. Router membuat jalur paket-paket berdasarkan lintasan yang tersedia dan waktu tempuhnya. Karena menggunakan alamat paket jaringan tujuan, router bekerja hanya jika protokol yang dikonfigurasikan adalah protokol yang routetable seperti TCP/IP atau IPX/SPX, berbeda dengan bridge yang sifatnya protokol independen.

Semoga artikel kali ini bermanfaan bagi sobat sekalian, next artikel berikut tentang bagaimana membangun router pc pada Windows XP.

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook