Ads 468x60px

Tuesday, March 20, 2012

Cara convert FAT 32 ke NTFS File System tanpa kehilangan data

FAT32 kepanjangannya adalah File Allocation Table dan NTFS adalah singkatan dari New Technology File System, keduanya merupakan type atau jenis disk file system. File system FAT digunakan pada system DOS dan Windows 98, namun semenjak dikeluarkannya windows xp, disk file system yang digunakan adalah NTFS. Kedua tupe file system tersebut tetap bisa dijalankan pada system operasi windows xp sampai 7. Kebanyakan flashdisk yang keluaran lama juga masih berformat FAT.

Dengan menggunakan file system NTFS, akan menambah kecepatan untuk mengakses data dan lebih meningkatkan system keamanan disk tersebut. Bagi anda yang disknya masih berformat FAT 32 dapat diconvert menjadi NTFS File system tanpa menggunakan software dan tanpa kehilangan data.
1. Buka command prompt dengan cara tekan windows+R kemudian ketik cmd dan tekan enter
2. Ketikkan perintah Convert X: /FS:NTFS kemudian tekan enter.
Keterangan : X adalah drive yang diconvert. Jika drive E yang diconvert maka perintah yang ditulis menjadi Convert E: /FS:NTFS
3. Tunggu proses sampai selesai dengan ditandai kalimat conversion complete.

Setelah itu silahkan dilihat file system drive yang baru saja anda convert menjadi NTFS dengan melihat properties dari drive tersebut.

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook