Ads 468x60px

Thursday, March 1, 2012

Cara Menguninstall dan Menginstall Kembali (Reinstall) TCP/IP di Windows

Komputer atau notebook anda tidak dapat terhubung ke internet? Atau barangkali tiba-tiba saja koneksi internet anda terputus padahal sebelumnya tidak ada masalah? Atau anda telah melakukan trouble shooting secara menyeluruh tetapi belum menemukan soluis mengapa koneksi internet anda tetap bermasalah?


Cara Menguninstall dan Menginstall Kembali (Reinstall) TCP/IP di Windows Image

Mungkin masalahnya ada pada system device TCP/IP yang mengalami error. Jikaini yang terjadi, anda harus menguninstall dan menginstall kembali (reinstall) TCP/IP pada windows. Anda tidak dapat menghapusnya sama sekali dari windows tetapi menyediakan beberapa perintah yang akan membantu anda mendeteksi kerusakan dan memperbaikinya.

Lakukan langkah berikut ini :

1. Buka command prompt (Klik tombol Start, Run kemudian ketik cmd diikuti klik tombol OK atau tekan tombol Enter pada keyboard).
2. Ketik “netsh int ip reset c:resetlog.txt” (tanpa tanda koma), kemudian tekan tombol Enter. Perintah ini tidak akan mengeluarkan efek apa-apa di command, hanya terlihat warna hitam.
3. Jika ingin melihat apakah perintah ini berhasil atau tidak. Coba lihat di drive C, disitu akan tercipta sebuah file text baru yang bernama resetlog.txt, coba buka dan lihat isinya. Berupa kode program yang memerintahkan windows untuk melakukan konfigurasi ulang pada TCP/IP.
4.Tutup jendela command prompt dan restart komputer anda.

Anda harus merestart komputer karena melakukan perintah ini. Perintah ini akan mengkonfigurasi ulang registry yang berhubungan dengan TCP/IP yang pada dasarnya akan menghapus dan menginstall ulang protokol internet.

Harap diingat, catat terlebih dahulu konfigurasi TCP/IP lama dari komputer anda karena trik ini akan menghapus semua konfigurasi baik itu IP address, Subnet Mask, Default Gateway dan alamt DNS server yang anda pakai.

semoga bermanfaat....

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook