Ads 468x60px

Thursday, March 1, 2012

Mengubah Konfigurasi Jaringan dg NetSetMan


Jika kita sering koneksi internet di berbagai tempat yang berbeda dan dengan konfigurasi yang berbeda pula, mungkin kita sering direpotkan ketika harus mengganti-ganti alamat IP (Internet Protocol), Subnet Mask, DNS, Gateway dan lainnya. Untuk mempermudah hal ini, kita bisa menggunakan NetSetMan.

Untuk bisa terkoneksi internet di rumah, di sekolah, di kantor atau di tempat lain kadang setting jaringan (network) tidak sama, dan tidak jarang kita harus mengubah secara manual alamat IP. Dengan sofware gratis NetSetMan, kita bisa mempercepat semua proses tersebut dan tinggal sekali klik saja untuk menyesuaikan konfigurasi Jaringan di tempat yang dipilih.

Software ini menyediakan 6 setting (profil) yang bisa kita atur, misalnya setting pertama untuk koneksi di rumah, setting 2 untuk kantor, setting 3 untuk kampus dan sebagainya. Ketika kita ingin konek internet kita tinggal memilih profil yang sudah kita atur dan klik Activate. Setelah setting aktif, aplikasi ini bisa kita tutup. Dengan cara ini kita tidak perlu mengubah secara manual konfigurasi alamat IP.


Setelah kita isi konfigurasi alamat IP, data otomatis akan tersimpan (di dalam file setting.ini) dan file ini bisa kita pindah atau backup secara terpisah. Beberapa konfigurasi yang bisa kita atur dengan NetSetMan antara lain :

Alamat IP (Internet Protocol)
Gateway
DNS Servers
WINS Server
IPv4 dan IPv6
WiFI management
Nama Komputer
Workgroup
DNS Domain/Suffix
Default Printer
Network Drives
NIC Status
SMTP Server
Hosts File Entries
Scripts (BAT, VS, JS, ..)

NetSetMan sudah saya gunakan selama ini dan sangat membantu dan mempercepat ketika harus terkoneksi di tempat yang berbeda dan masing-masing dengan alamat IP yang harus diatur secara manual. NetSetMan mendukung Windows 2000,Xp, 2003, Vista, 2008 dan Windows 7 (baik untuk 32bit maupun 64bit).

Download NetSetMan ( 2.8 MB)

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook