Ads 468x60px

Wednesday, March 7, 2012

Setting Keamanan Wireless Router Linksys WRT54G

jika Sebelumnya saya pernah membahas tentang WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WPA (WiFI Protected Access) dan blogger sejati bisa mereview kembali kedua artikel tersebut.

Pembahasan kali ini menitik beratkan pada sebuah perangkat jaringan Wireless Router Linksys WRT54G, dan bagi pengguna perangkat ini baik yang memiliki usaha RT/RW Net atau kafe hotspot dapat menerapkan sistem keamanan perangkat wirelessnya. Hal ini didasari bahwa makin banyaknya metode dan perangkat lunak untuk melakukan penjebolan password terhadap perangkat wireless yang dapat merugikan usaha RT/RW Net atau kafe hotspot terlebih kepada pelanggan pengguna koneksi.

Bagi sobat yang menggunakan Wireless Router Linksys WRT54G dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut untuk mencegah pencurian koneksi :

1. Login ke router sobat dengan membuka web browser kemudian ketikkan http://192.168.1.1 - alamat ini adalah alamat untuk mengakses router sobat. Jika hal ini pertama kali login ke dalam sistem router sobat, username disikan dengan "admin" (tanpa tanda kutip) dan kosongkan passwornya kemudian tekan enter.
2. Selanjutnya pilih tab "Administrasi".
3. Pilih "Manajemen Config"
4. Kemudian klik tombol "Backup". Pilih lokasi untuk menyimpan konfigurasi sobat. Hal ini dilakukan jika pada saat terjadi kesalahan sobat bisa mengimport kembali settingan yang telah sobat buat sebelumnya.
5. Langkah selanjutnya pilih tab "Wireless".
6. Disini sobat akan diperintahkan untuk mengisi field "Wireless Network Name (SSID)" masukkan nama SSID yang unik untuk wifi sobat, hal ini akan diidentifikasi ketika laptop sobat melakkan pencarian koneksi untuk jalur akses.
7. Beri tanda centang pada kotak "Wireless SSID Broadcast:".
8. Kemudian pilih "Save" untuk menyimpan settingan yang telah dilakukan
9. Langkah selanjutnya pilih tombol "Next"
10. Pilih "Wireless Security"
11. Untuk contoh ini saya akan menggunakan enkripsi WPA2 Personal. Pastikan perangkat lunak nirkabel laptop sobat mendukung enkripsi jenis ini.
12. Selanjutnya pilih "Security Mode:" pilih "WPA2 Personal"
13. Kemudian "WPA Algoritma:" pilih TKIP AES +
14. Pada isian "WPA Shared Key:" masukkan password dengan kombinasi huruf, angka, simbol dan karakter. Semakin banyak kombinasi dan panjang karakter, maka semakin susah untuk di bobol.
15. Kemudian pada "Group Key Renewal :" masukkan '3600 '(tanpa tanda kutip).
16. Klik "Save" dan tunggu beberapa saat untuk menampilkan halaman konfirmasi dan pilih tombol "Next.

Jika dilakukan dengan benar, Insya Allah jaringan wireless sobat aman dari tindakan pencurian. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook