Ads 468x60px

Wednesday, March 7, 2012

Menghidupkan komputer lewat LAN

Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui bagaimana caranya untuk menghidupkan komputer secara remote lewat jaringan. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya, dalam artikel ini saya akan mencoba membahas tentang cara menghidupkan satu atau beberapa komputer melalui komputer lain dalam sebuah jaringan LAN dengan menggunakan teknologi Wake On LAN (WOL).

Apa itu Wake On LAN ??..

Menurut Wikipedia, Wake-on-LAN adalah Teknologi Ethernet standar yang memungkinkan komputer dapat dihidupkan oleh pesan jaringan (network message). Pesan biasanya dikirim oleh program sederhana yang dijalankan pada komputer lain pada jaringan area lokal (LAN). Istilah lainnya adalah Remote Wake-Up (RWU).

Bagaimana cara kerja Wake On LAN ??..
Dengan mengaktifkan fungsi Wake On LAN (WOL) maka meskipun komputer dalam keadaan OFF, tetapi network card akan tetap memonitor paket-paket yang diterimanya dari jaringan. Ketika sebuah paket ajaib (magic packet) diterima, maka akan memicu motherboard untuk hidup dan mem-boot up komputer. Magic packet tersebut berisi byte FF FF FF FF FF FF yang diikuti dengan MAC Address network card tersebut.

Apa Syarat-syarat supaya kita bisa menggunakan aplikasi Wake On LAN ini ??..
Untuk menggunakan Wake On LAN, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu kurang lebih sebagai berikut:

1. Setiap komputer harus terhubung ke jaringan.
2. Motherboard pada komputer target harus mempunyai fitur Wake On LAN.
3. Terdapat program Wake On LAN pada komputer yang akan menghidupkan komputer target
4. Komputer target harus dimatikan secara normal / soft off dan power listrik harus tetap stand by. Jadi kalau terjadi power loss (mati listrik) yang cukup lama pada komputer target, komputer tersebut tidak bisa dinyalakan secara Wake On LAN.

Bagaimana caranya untuk menjalankan aplikasi Wake On LAN?

Selanjutnya untuk mencoba fitur Wake On LAN ini secara garis besar dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Aktifkan (enable) fitur Wake On LAN pada BIOS di komputer target (pada motherboard yang saya pake saya tidak melakukan penyetingan apa-apa).
2. Catat MAC Address dan IP Address komputer target.
3. Aktifkan fitur Wake On LAN pada Network Card. Caranya kurang lebih seperti berikut:
> Klik kanan icon My Computer, klik Manage. Akan tampil jendela Computer Management.
> Klik Device Manager, expand Network Adapter, lalu klik kanan pada Network Card klik Properties.
> Klik tab Advance , pada Wake Up Capabiliies properties pilih valuenya, misalnya Magic Packet (jangan pilih None). Klik OK.

4. Selanjutnya install program Wake On LAN pada komputer yang digunakan untuk menghidupkan komputer target (saya pernah menggunakan Fusion Wake On LAN dan WOL Magic Packet Sender).
5.*Isikan IP Address dan MAC Address komputer target, lalu klik Turn On PC atau Send.

• Catatan: pada contoh ini komputer target saya menggunakan motherboard Gigabyte G41MT-ES2L, untuk tipe motherboard lain detail pengerjaannya berbeda-beda.

1 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook