Ads 468x60px

Thursday, March 1, 2012

langkah konfigurasi Wireless Tethering HP Android (Handphone menjadi HotSpot Wifi)


Berikut ini saya sharing Step by Step konfigurasi Handphone Wireless Tethering Android Samsung Galaxy Mini GT-S5570, agar dapat menjadi Wireless HotSpot / Access Point. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita tidak perlu lagi mengunakan Modem 3G USB yang kita miliki dan tidak perlu lagi gonta-ganti kartu SimCard serta lebih praktis pengunaan Wifi seperti mengunakan HotSpot Access Point pada umumnya. Selain itu, dengan memiliki HotSpot sendiri kita bisa mengunakan VMWare dengan mudah tanpa jaringan LAN ataupun Cable Loopback. Iyach khan….???

Langkah Pertama : Kita masuk ke menu Pengaturan / Setting.


Kedua : Kita masuk ke menu Wireless dan Jaringan.


Ketiga : Masuk ke menu Mobile Network, kita aktifkan lebih dulu paket data / internet ( sesuai dengan layanan yang kita pake dari Simcard provider Telco ).


Keempat : Aktifkan / checkmark Layanan Paket datanya.


Kelima : Pada peringatan pengunaan paket data akan ada konfirmasi seperti di bawah ini. Lalu pilih OK.


Keenam : Paket Data sudah aktif.


Keenam : Selanjutnya kita masuk ke menu Tethering & Portable HotSpot. Jika Android anda belum ada menu ini, anda bisa download dan install aplikasi-nya dari sini :

http://www.freewarelovers.com/android/app/wireless-tether


Ketujuh : Lalu kita masuk ke menu Konfigurasi Mobile AP.


Kedelapan : Selanjutnya kita lakukan setting WIFI System di Android kita ini sama seperti kalau kita melakukan setting Access Point pada umumnya. Tentukan Nama SSID, Type Security / pengamanan dan Password, lalu pilih menu Simpan dan selanjutnya kita telah memiliki Mobile Access Point atau Portable HotSpot.


Kesembilan : Pastikan tanda Checkmark atau Centang pada Mobile AP seperti gambar di bawah ini sebagai tanda bahwa Portable Hotspot kita telah aktif.


Kesepuluh : Keluar dari menu Pengaturan dan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


Kesebelas : Selanjutnya kita Scan Wifi yang ada di sekitar kita dan kita coba koneksikan Laptop kita ke Portable Hotspot yang telah kita buat tadi dengan nama AndroidAP-007.


Selain berfungsi sebagai Access Point, Samsung Galaxy Mini GT-S5570 juga berfungsi sebagai DHCP Server sehingga PC atau Laptop Client yang terkoneksi ke Access Point ini akan mendapatkan IP Address secara Otomatis. Tapi kita juga bisa setting manual koq IP Address-nya sesuai kebutuhan kita, IP Address AP sekagus berfungsi sebagai Gateway dan DNS Server adalah sebagai berikut :

IP Address Device : 192.168.43.1

IP Gateway : 192.168.43.1

IP DNS Server : 192.168.43.1


( Mudah sekali bukan ??? ). Kita juga bisa memanfaatkan Samsung Galaxy Mini GT-S5570 sebagai FTP Server mengunakan Aplikasi FILE EXPERT . Selain itu juga penulis sudah mencoba memanfaatkan Sharing akses internet ini dengan Router Mikrotik ( itupun mengunakan VMWare Workstation ). Intinya sich sangat mudah sekali kita mau berapa saja dengan teknologi ini, yang penting ada kemauan untuk meng-explorasinya. Belajar, belajar, belajar dan mencoba…

1 comments:

diozcempluk said...

gan, saya menggunakan HP SG 5660, dan kemampuan download provider yang saya gunakan bisa mencapai 200kbps, nah gan gimana cara saya setting limiter, untuk 10 teman kos saya, harapan saya mereka bisa dapet 20kbps (atau minim 10kbps) tiap orang yang menggunakan wifi saya. mohon bantuan untuk cara membaginya, trimakasih gan

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook