Ads 468x60px

Tuesday, March 20, 2012

Cara membuat file ISO atau image file

Banyak cara untuk menyimpan file dan mengamankannya. Ada yang menggunakan program compress file seperti WinZip, Win RAR, 7 zip dan lainsebagainya. Cara yang lain adalah dengan menyimpan file atau data tersebut berupa image atau file iso. Dengan menggunakan file iso, file akan hanya bisa dibuka menggunakan program khusus untuk membuka iso file atau image file walaupun iso file juga dapat dibuka dengan di burn terlebih dahulu ke CD/DVD.

Program pembuat iso file saat ini sudah banyak sekali beredar dan banyak pula macamnya, seperti power iso, magic iso, iso creator, free iso creator, ISO Toolkit. Pada kesempatan kali ini akan dibahas membuat file iso atau image menggunakan software iso toolkit. Software iso toolkit merupakan software gratis atau free untuk membuat file iso/image, copy image, convert image, extract image, mount image. Iso toolkit merupakan software portable dengan ukuran file yang cukup kecil yaitu 2,38 mb serta sangat user friendly atau mudah untuk dioperasikan. Karena bersifat portable, maka anda tidak perlu untuk menginstallnya kedalam system computer, jadi tidak akan membebani kinerja computer.

Dengan menggunakan software iso toolkit ini anda bisa membuat file iso dari folder data anda dan juga bisa membuat file iso dari cd/dvd. Dengan demikian kita lebih aman melakukan backup data dengan menggunakan iso file. Demikian juga halnya dengan cd/dvd windows anda sebaiknya juga dibackup menggunakan iso file hingga suatu saat nanti ketika dibutuhkan bisa langsung di burn ke cd atau dvd yang baru.

Untuk membuat file iso atau file image menggunakan iso toolkit, silahkan terlebih dahulu download software iso toolkit pada link download dibawah. Setelah itu silahkan diextract karena filenya berupa file rar kemudian jalankan iso toolkit. Setelah terbuka ketikkan nama file iso pada volume label. Pilih file yang akan dibuat iso image, jika cd/dvd windows yang akan dibuat iso maka pilih drive cd/dvd dengan klik tombol select. Jika sudah klik create Image, maka akan muncul konfirmasi dimana file akan disimpan, klik save maka proses pembuatan iso file akan berlangsung sampai selesai.


Untuk mount file iso, silahkan pilih folder dimana file image atau iso file tersimpan, kemudian klik mount. Maka akan terbentuk virtual hd baru untuk memunculkan file-file yang ada pada file iso tersebut. Untuk unmount silahkan klik unmount.

LINK DOWNLOAD TOOLKIT

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook