Ads 468x60px

Thursday, March 15, 2012

Setting AP + Router AirLive WL-5470AP

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara setting wireless airlive WL-5470AP sebagai access point router. Pada perangkat wireless ini terdapat 8 mode yaitu :
1. Access Point
2. Client-Infrastructure / Client Ad-Hoc
3. Bridge
4. WDS Repeater
5. Universal Repeater
6. WISP
7. WISP + Universal Repeater
8. AP + Router

AirLive WL-5470AP mempunyai lima port terhubung dengan kabel dan dapat berfungsi baik sebagai titik akses nirkabel dengan lima port terhubung dengan kabel atau sebagai router dengan empat port LAN terhubung dengan kabel dan port tunggal yang diperuntukkan bagi sambungan WAN. Unit ini dapat digabungkan dengan unit lain yang serupa atau perlengkapan lain untuk membentuk jaringan tunggal dengan wilayah cakupan yang lebih luas, oleh karenanya tidak perlu lagi memasang kabel tambahan.

Berikut cara setting AP + Router AirLive WL-5470AP :
1. Login ke AirLive melalui browser dengan mengetikkan IP address default 192.168.1.1 dengan user : admin dan password : admin.

2. Selanjutnya pilih Mode Gateway AP + Router, tentukan Band, beri nama SSID, kemudian atur securitynya biasanya WPA-PSK (TKIP) agar client yang diberi hak akses dapat mengakses internet

3. Kemudian pilih tab TCP/IP unuk menentukan IP Address dari perangkat wireless, penentuan alamat client diatur secara otomatis dengan mengatur mode DHCP server, dan DHCP Client Range untuk mengatur jumlah client yang akan mengunakan hak akses dengan penentuan jumlah alamat misalnya dimulai dari alamat 192.168.2.1 hingga 192.168.2.5 yang artinya hanya ada 5 host yang dapat mengakses internet.

4. Demi keamanan perangkat wireless, pilih tab Other - Password untuk mencegah pengguna lain mengakses atau mengkonfigurasi perangkat wireless selain admin.

5. Langkah terakhir, restart perangkat wireless untuk menyimpan hasil settingan tadi dengan memilih tab Reboot.

Sampai disini AirLive WL-5470AP dapat bertindak sebagai pusat koneksi (hotspot). Semoga artikel kali ini bermanfaat. Selamat mencoba

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook