Ads 468x60px

Tuesday, March 6, 2012

Cara format USB flashdisk dengan NTFS file system


Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya USB flasdisk atau Pen drive yang sering kita singkat dengan menyebutnya flashdisk saja. Flashdisk baru biasanya tanpa perlu kita format terlebih dahulu sudah bisa pergunakan untuk menyimpan file atau data kita. Tetapi bisanya standar format flashdisk adalalah format FAT atau FAT32. Sedangkan di windows sendiri jika kita ingin memformat flashdisk, kita hanya bisa menemukan 3 pilihan format yaitu FAT,FAT32 dan exFAT.Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana jika kita ingin memformat flashdisk kita dengan format NTFS sedangkan menu pilihan NTFS di windows tidak ada? Tenang sobat, kali ini posting yang saya buat adalah bagaimana caranya agar kita bisa memformat Flashdisk dengan format NTFS. Adapun Cara format USB flashdisk dengan NTFS file system adalah seperti di bawah ini :

Klik kanan My Computer and pilih properties
Pilih tab hardware ,klik tombol Device Manager dan cari USB drive di disk Drives (lihat gambar)

Klik kanan drive dan pilih Properties.
Klik Policies tab dan pilih “Optimize for performance” menu.

Klik OK.
Buka My Computer.
Pilih Format flashdisk
pilih NTFS di File System dropdown menu

Format selesei.


Perhatian: setiap mau mencabut atau melepas flashdisk harap selalu menggunakan “safely remove hardware” atau fungsi Eject dari Windows Explorer agar flashdisk sobat tidah rusak dan data yang tersimpan juga aman atau corupt.


Semoga Cara format USB flashdisk dengan NTFS file system diatas bisa membantu apabila sobat mau memformat flasdisknya dengan NTFS system. Untuk penjelasan tentang perbedaan FAT,FAT32 maupun NTFS akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.Thanks..

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook