Ads 468x60px

Tuesday, February 28, 2012

Troubleshooting Pada Jaringan Optic DWDM


Ada sedikit sharing ilmu neh, tentang penanganan gangguan pada perangkat DWDM(Dense Wavelength Division Multiplexing), hari itu saya mendapatkan TT(Trouble Ticket) dari NOC seperti ini :

TT-001407

Link : A >< B Alarm : Loss Of Signal(LOS) Suspect problem : Fiber Optic Cable Severity : Major Setelah mendapatkan info tersebut saya langsung action menuju site A untuk menge-check status perangkat, ternyata benar terjadi alarm seperti ini :



Alarm list

Alarm list tersebut berada di sisi site A, karena site A lokasi terdekat dari posisi saya, sementara site B di check oleh tim lain. Dilihat dari alarm list dan suspect problem pada sisi kabel FO, maka tim langsung menge-check jalur kabel FO yang aktif dari kedua sisi. Setelah dilakukan pengukuran menggunakan OTDR(Optical Time Domain Reflectometer) didapat hasil bahwa jalur kabel FO tersebut tidak tembus alias putus.


Contoh pengukuran OTDR

Dari hasil pengukuran tersebut, maka tim langsung mengukur semua jalur kabel FO yang idle untuk mencari jalur FO yang masih bagus alias tidak putus, yang nantinya akan digunakan untuk manuver core/jalur FO. Setelah selesai dilakukan pengukuran pada semua core yang idle didapat hasil yang nihil alias core FO tidak tembus semua untuk jalur FO DWDM.

Nah hayoo bagaimana tuh kalo sudah begitu…, bisa-bisa traffic down semakin lama neh, pusing kan

Dari seluruh alokasi core untuk DWDM tidak ada satu core pun yang bagus, akhirnya tim ditugaskan untuk terjun ke lokasi dimana terdapat titik putus kabel FO tersebut untuk segera di joint/penyambungan sementara sebelum cut over. Setelah proses penyambungan selesai maka dilakukan kembali pengetesan/pengukuran jaringan kabel FO tersebut menggunakan OTDR dari dua sisi dan didapatkan hasil yang bagus alias tembus, kemudian diconnect-kan kembali patchcord jalur FO keperangkat yang sebelumnya mengalami down akhirnya perangkat DWDM kembali up/normal kembali.

Warning :
Sebelum melakukan manuver core FO pastikan dulu jenis/type kabel FO yang digunakan pada perangkat, apakah sudah sesuai dengan spesifikasi. Jika tidak sesuai maka perangkat akan tetap down. (Standard type FO untuk DWDM di perusahaan saya G.652, dan G.655 tapi tidak direkomendasikan untuk DWDM. Jika core FO khusus DWDM kita connect kan ke type G.655 hasilnya perangkat DWDM up tapi tidak ada service/traffic yang aktif atau bisa juga perangkat akan tetap down)
Pastikan selalu koordinasi yang tepat dari dua tim di dua sisi saat melakukan OTDR maupun manuver core, karena fatal akibtanya jika salah koordinasi. Bisa-bisa salah OTDR maupun manuver core yang akan berpengaruh pada perangkat.
Usahakan standby sementara dilokasi site untuk memastikan perangkat benar-benar Up/normal, serta koordinasi dengan tim NOC bahwa status link sudah Ok dan baru deh kita meninggalkan site.

Semoga bermanfaat, ambil benarnya perbaiki salahnya Jangan lupa mohon koreksinya jika ada yang kurang tepat.

1 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook