Ads 468x60px

Thursday, February 16, 2012

Mengenal Windows API

Windows API (Application Programming Interface) merupakan kumpulan fungsi-fungsi eksternal yang terdapatdalam file-file perpustakaan windows (selanjutnya sering disebut sebagai libary windows) atau file libary lainnya yang dapat digunakan oleh program kita.

Fungsi ini dapat menangani semua yang berhubungan dengan Windows, seperti pengaksesan disk, interface printer, grafik windows, kotak dialog (buka file, simpan file, memilih font, memilih warna, dan lain-lain), windows shell, settings sistem komputer, penanganan file, mengakses sistem registry, memainkan musik, dan sebagainya. Fungsi ini menyediakan fitur-fitur standar untuk semua program yang berbasis windows.

Semua fungsi windows API hampir terdapat dalam direktor sistem milik windows (biasanya terdapat dalam direktori C:\Windows\System dan C:\Windows, bergantung pada setting pertama installasi Windows) dan paling banyak berekstensi .DLL yang digunakan oleh sistem operasi windows.

Selain itu fungsi ini juga untuk memastikan secara konsisten penggunaan semua sumber yang terdapat dalam Windows. File-file itulah yang disebut dengan Windows API.

Disebabkan fungsi Windows API merupakan fungsi eksternal, maka menggunakan fungsi tersebut terlebih dahulu dideklarasikan dengan perintah Declare di dalam program kita (pembahasan declare akan kita bahas tersendiri). Setelah pendeklarasian selesai, selanjutnya kita bebas untuk menggunakan fungsi Windows API tersebut pada program layaknya bahasa Visual B`sic di program kita.

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook