Ads 468x60px

Friday, February 17, 2012

Melindungi Identitas Saat Internetan

Pengguna internet di seluruh dunia tentu memiliki identitas. Identitas para netter ditunjukkan dalam bentuk IP Address (Internet Protocol Address). IP Address adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk setiap komputer host dalam jaringan internet. IP address 32-bit terdiri dari deretan angka biner yang dituliskan dengan empat angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik. Contoh: 114.79.16.245

Kegunaan IP address seperti alamat rumah. Dalam alamat IP seperti contoh di atas terkandung beberapa informasi, seperti penyedia layanan internet (ISP), kemudian lokasi dari komputer Anda, seperti negara, provinsi, kota, bahkan garis lintang dan garis bujurnya. Dengan informasi tersebut aktifitas Anda di dunia maya akan mudah diketahui oleh para hacker yang berusaha masuk ke jaringan komputer anda untuk mencuri data pribadi Anda atau apapun tujuannya.

Dalam pengalaman Anda selama berjelajah di dunia maya mungkin Anda pernah menjumpai beberapa website yeng tidak bisa dibuka dikarenakan website tersebut hanya ditujukan untuk negara tertentu saja. Sehingga untuk dapat membuka halaman web tersebut Anda harus mengubah alamat IP Anda dengan mengganti ISP (Internet Service Provider) dari negara yang dimaksudkan atau yang lebih mudah menggunakan situs penyedia layanan proxy, seperti proxy-service.com.

Perlu diketahui bahwa dua cara di atas sangat merepotkan. Pindah ISP tentu sangat merepotkan dan memerlukan biaya yang tidak sedikit, sedangkan bila mengguakan situs penyedia layanan proxy juga sama merepotkan, karena kita harus mengunjungi situs proxy untuk pergi ke setiap situs-situs yang kita inginkan.

Jadi tujuan saya berbasa-basi di sini adalah untuk mengatasi permasalahan di atas. Sebenarnya sudah banyak tersebar software yang memudahkan kita untuk menyembunyikan alamat IP kita, seperti Steganos Internet Anonym, ArchiCrypt Stealth, dan lain sebagainya. Dua software tersebut memiliki banyak fitur, seperti Steganos yang full fitur dan berukuran cukup besar akan memakan banyak tempat di hard disk Anda dan memakan memori yang cukup besar pula untuk proses, sehingga komputer jadi lemot. Sedangkan pada ArchiCript setelah saya coba memang berhasil dan kinerjanya tidak berat seperti Steganos. Namun pada hari berikutnya saya coba lagi software tersebut juga berhasil tersambung dengan server proxy, namun tidak satupun halaman di internet yang bisa saya buka. Jadi saya cari software yang lain dan saya menemukan yang cocok, yaitu Platinum Hide IP.

Sebenarnya banyak software yang mirip dengan Platinum Hide IP bahkan bisa dikatakan sama, yaitu seperti Free Hide IP, Real Hide IP, Auto Hide IP, Super Hide IP, dll. Semua software tersebut memiliki cara kerja yang sama dan interface yang sama pula, hanya sedikit sekali perbedaan. Setiap Software tersebut memiliki website masing-masing, namun tampilannya tidak jauh beda dan harga softwaremya pun juga sama. Saya benar-benar tidak mengerti latar belakang software-software tersebut.

Fitur-fitur yang dimiliki Platinum Hide IP adalah sebagai berikut:

Menyembunyikan alamat IP Anda dan menggantinya dengan fake IP address, sehingga membuat aktifitas Anda di internet tidak akan dapat terlacak oleh orang lain.
Melindungi/menutupi identitas asli Anda, sehingga komputer Anda akan aman dari serangan hacker yang berniat tidak baik.
Anda dapat memilih alamat IP dari berbagai macam negara.
Anda dapat mengirim email tanpa Identitas (email yang dikirim biasanya akan merekam alamat IP pengirimnya)
Dengan mengubah alamat IP, Anda akan dapat mengunjungi website atau forum yang hanya ditujukan untuk negara tertentu.

platinum hide ip

Pada screenshot di atas, bagian yang di dalam kotak merah adalah alamat IP palsu (United States) yang sedang saya gunakan, sedangkan yang dibawahnya adalah alamat IP asli saya.

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook