Ads 468x60px

Wednesday, October 10, 2012

Urutan Processor Intel (dari dualcore – i7) berdasarkan performa

saya sering bertanya-tanya tentang urutan processor intel berdasarkan performanya. saya juga sudah menejalajahi situs resmi intel tetapi intel tidak memberi tahu secara umum urutan kecepatan. hanya memberi tahu urutan generasi.
akhirnya setelah googling-googling, saya mengambil kesimpulan bahwa urutan processor intel berdasarkan performanya adalah sebagai berikut :
dual core – core 2 duo – core i3 – quad core – core i5 – core extreme – core i7
WHY?
Sebelumnya, mari kita samakan persepsi dulu bahwa processor yang digunakan memiliki level speed yang sama. karena jika tidak, maka urutan tersebut menjadi tidak valid. misalnya kita menggunakan processor core2duo dengan level speed di atas processor core i3, maka hasilnya processor core2duo yang akan menempati urutan lebih tinggi dibandingkan dengan core i3.
seperti kita tahu bahwa processor generasi baru (i3, i5, i7) udah mendukung 2 core/4 thread dan teknologi manufakturnya udah 32nm sedangkan processor core2duo masih 2core/2thread dan masih 65nm. semakin kecil ukuran nm nya semakin hemat dayalah processor tersebut. jadi core i (itanium processor) lebih hemat daya dibandingkan dengan core generasi sebelumnya. hal ini menunjukkan bahwa processor generasi baru memiliki teknologi yang lebih bagus dibanding pendahulunya.
namun ternyata keunggulan teknologi dari processor generasi baru tersebut belum tentu bisa menyaingi kecepatan dari processor seri core sebelumnya

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook