Ads 468x60px

Wednesday, October 10, 2012

IBM bikin harddisk berkapasitas 120 petabytes (120 juta gigabyte)

IBM kini memiliki proyek besar. Mereka kini tengah membangun sebuah hard disk terbesar yang memiliki kapasitas 10 kali lebih besar dari hard disk yang saat ini ada di pasaran. Hard disk buatan IBM tersebut akan memiliki kapasitas 120 petabytes atau 120 juta gigabyte. Saat ini hard disk terbesar yang ada adalah hard disk dengan kapasitas 15 petabyte. IBM membuat hard disk tersebut dari serentetan 200 ribu hard disk yang digabungkan menjadi satu.
Pengerjaan proyek tersebut dilakukan di CA Lab research, Almaden. Hard disk raksasa tersebut dapat memuat tak kurang dari satu triliun file dan dapat menjalankan simulasi sistem yang lebih kompleks, seperti untuk pemodelan cuaca dan iklim. Megaserver ini dibuat untuk klien tanpa nama yang berencana membuat simulasi fenomena kejadian nyata.
Untuk mendukung pengerjaan proyek ini, IBM tengah mengembangkan berbagai hardware dan teknik software baru. Salah satunya adalah menggunakan sirkulasi air sebagai sarana pendingin, bukan sebuah kipas seperti pada hard disk umumnya. Selain itu, jika terdapat kerusakan dalam disk, sistem akan secara otomatis akan menarik data yang berlebih dan menuliskannya kembali. Jika kembali terjadi kerusakan atau kegagalan, maka sistem akan bekerja lebih cepat untuk mengurangi kemungkinan kerusakan data secara permanen. Dengan adanya langkah seperti itu, sistem akan dapat menyimpan data lebih lama tanpa mengurangi performanya.

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook