Ads 468x60px

Friday, April 20, 2012

Konfigurasi Compex WPE54G Sebagai Access Point Client

Kebetulan kemarin ada client yang nanya bagaimana caranya konfigurasi AP yang bisa bertindak sebagai client untuk terhubung ke dalam jaringan hotspot saya. Berhubung jarak rumah-nya cukup jauh dengan menggunakan wi-fi bawaan laptop nggak dapat signal sama sekali (maklum disini terlalu rapat bangunannya). Akhirnya kita sepakat deh mau melakukan percobaan dulu, kebetulan saya punya AP bekas merk compex wpe54g bekas dari jaman purba, lalu kebetulan juga saya masih simpan antena grid hyperlink 24dbi dengan antena tp-link 4dbi. Mulai deh kita coba pertama yaitu melakukan reset si compex ini. Berhubung ini compex dulunya konfigurasinya ikutan rt-rw net (jaman purba) semua konfigurasinya tidak mau di share sama administrator-nya katanya sih demi keamanan. Dengan sedikit jengkel akhirnya tuh AP saya reset sajalah… cara resetnya yaitu dengan menyalakan AP lalu menekan tombol reset kurang lebih 10 detik, kalau lebih malah AP menjadi mode switch. Akhirnya sukses juga terhubung, ternyata kuncinya adalah mematikan DHCP server di ap client dan menggunakan konfigurasi automatic IP di windows. Biar lebih jelasnya kita coba langkah-langkahnya agar mendetail. Langkah pertama adalah mematikan fitur DHCP di ap client, karena access-point saya menggunakan DHCP server dengan auto configuration sehingga kalau DHCP di sisi client ada yang aktif malah akan mengacaukan konfigurasi jaringan.
Langkah kedua setting AP sebagai client.
Langkah ketiga adalah melakukan survey, khusus bagian survey ini kalau menggunakan antena dengan gain yang semakin besar maka akan semakin banyak signal yang kita tangkap. Dalam percobaan saya menggunakan antena tp link 4dbi dengan jarak ke access-point berkisar 20-30 meter terhalang tembok, genteng, dan lain sebagainya.
Langkah ke-empat setelah semua konfigurasi benar simpanlah konfigurasi di ap client lalu reboot. Sekarang persiapan di sisi pc yang akan di hubungkan dengan ap client. cukup kita setting automatic agar konfigurasinya disesuaikan berdasarkan DHCP server.
Setelah semua konfigurasi benar, tinggal kita nyalakan ap client lalu pc kita, tunggu sebentar sampai semua terhubung dengan konfigurasi server, setelah itu kita bisa ber-internet ria dengan sangat cepat. Rasanya seperti menggunakan kabel LAN kekuatan signal saya cek bahkan 100% :D untuk AP jenis dan merk lain yang bisa bekerja sebagai ap client sebenarnya prinsip dasarnya sama saja tinggal bagaimana orang yang melakukan konfigurasi. Selamat mencoba :D

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook