Ads 468x60px

Monday, April 23, 2012

Panduan membuat website

Sama seperti membuat sebuah software, untuk membuat sebuah website yang baik juga diperlukan adanya tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Setiap tahapan selesai dilakukan, harus dievaluasi apakah tahapan itu telah berjalan dengan baik. Secara garis besar, tahapan itu adalah sebagai berikut: 1. Planning (perencanaan)
Perencanaan yang baik akan sangat membantu dan menghemat waktu dalam membuat sebuah situs. Hal-hal yang harus dilakukan pada tahap ini adalah :Tentukan tujuan situs yang akan dibuat Pengumpulan data (user gathering) kemudian menganalisisnya Membuat timeline atau jadwal kerja
2. Design
Pada tahap design ini buatlah design yang menarik, pilihan warna yang sesuai(biasanya 3 warna dasar untuk sebuah website). Design ini sangat penting karena merupakan kesan pertama dengan user. Design yang ada harus membawa imej, tujuan, dan karakteristik yang ingin disampaikan.
3. Coding (Pemrograman)
Coding adalah tahap implementasi planning dan design yang telah Anda buat. Pada tahap ini Anda akan mengimplementasikan ide-ide dan design yang ada kedunia nyata sesuai dengan teknologi yang dibutuhkan(HTML, css, javascript, php, mysql, dll). Setelah coding selesai Anda melanjutkan ke tahap Testing.
4. Testing (Uji coba)
Pengujian dilakukan untuk meyakinkan bahwa semua fungsionalitas website telah berjalan dengan baik. Tahapan ini dilakukan untuk kontrol kualitas situs yang Anda buat. Tahapan ini dilakukan baik diserver lokal, maupun di server hosting.
5.Promosi
Setelah melakukan tahap uji coba, saatnya Anda meluncurkan situs web Anda ke internet untuk mengatakan hallo kepada seluruh duniaJ Promosi merupakan media yang sangat penting untuk membuat situs Anda dikenal dan dilihat oleh banyak orang. Beberapa cara mempromosikan antara lain : Promosikan melalui brosur, poster, kartu nama, kop surat Melalui Search Engine Melalui hubungan kerjasama pemasaran dengan situs lainnya, sehingga Anda dapat menampilkan link di situs tersebut
6. Maintenance
Setelah situs diluncurkan maka diperlukan tahap pemeliharaan di situs tersebut. Pemeliharaan itu mencakup beberapa hal, antara lain : Selalu mengupdate situs dengan isi-isi yang terbaru. Contohnya detik.com yang menerapkan frekuensi pengupdatean yang tinggi.
  • Buanglah informasi-informasi yang sudah kadaluarsa.
  • Jagalah server Anda dari serangan hacker baik orang maupun software.
  • Tambahlah situs Anda dengan fitur-fitur yang beru dan menarik
  • Memperbarui design agar user tidak bosan.

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook