Ads 468x60px

Sunday, February 1, 2015

Instalasi file(.tar.gz .sh .deb .bin) di linux

Untuk para linuxer (newbie) yang baru memulai membiasakan mengoperasikan dan menggunakan sistem operasi linux, mungkin ini membantu untuk instalasi program aplikasi dengan file yang berekstensi seperti judul diatas. sering kali saat ingin menginstall something di dalam linux kita. yang di dapat adalah file-file berekstensi aneh (bagi yang blom pernah liat :D). yaah.. wajar sih, kan udah biasa pake OS tetangga yang instalasinya tinggal di klik-klik next-next. hhehe…  nah file tersebut akan tidak asing dan bersahabat bagi para linuxer. Tapi, masalah yang mulai muncul adalah, bagaimana cara instalnya. Tentu aja gak tinggal double klik aja cara nginstalnya. Harus lewat console, yaitu dengan terminal. oke langsung aja kita bahas step demi stepnya. yuhuuu ::
1.   Untuk install .tar.gz
Kalau mau instal file tar.gz, ekstrak terlebih dulu file tersebut. Bisa lewat file manager (Konqueror atau Nautilus). Klik kanan pilih extract here. Atau lewat terminal konsole
$ tar xzvf nama file.tar.gz
Terus masuk ke direktori tempat file hasil ekstrak kemudian baca file README atau INSTALL file tersebut sebagai petunjuk utama instalasi file.
Tap secara umum, sebagian besar instalasi paket tarbal (tar.gz atau tar.bz2) bisa melalui langkah-langkah berikut (lewat terminal)
$ cd folder ekstrak
$./configure
pastikan saat ini tidak ada masalah. Jika ada paket-paket lain yg harus diinstal, instal terlebih dulu paket-paket yg dibutuhkan.
Lalu lakukan kompilasi
$make
Lalu install (sebagai root)
$su
#make install
2.  Untuk install .sh
Buka Terminal
Letakkan file .sh di folder Document
ketik : /Document $ sh namafile.sh
Tunggu proses instalasi file, selesai
3.  Untuk instalasi .deb
Sebenarnya cara instal file .deb di Linux ada beberapa cara. Yang pertama dingan double click/Open. Akan tetapi cara ini biasanya sering eror maka jika eror silahkan menggunakan cara yang lain.
Cara yang lain yaitu melalui terminal :
Buka Terminal
Letakkan file di folder Document
ketik : $ sudo dpkg -i namafile.deb
masukkan password root
tunggu loading/proses hingga selesai.
4.  Untuk instalasi .bin
Buka terminal
Menuju ke lokasi dimana file .bin tersebut berada dengan perintah
cd nama folder
Rubah atribut file tersebut untuk bisa dieksekusi,
chmod +x file.bin

0 comments:

Post a Comment


Followers

visitor of state

like me on FaceBook